Orang Palembang | Suku Asli Palembang | Suku Asli Melayu Palembang dan Sumatera Selatan


Apakah Anda mengenal karakteristik masyarakat Melayu Palembang? Melayu Palembang adalah sekelompok masyarakat Melayu yang hidup di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. Dalam kesehariannya, masyarakat ini memakai bahasa Palembang atau disebut Basa Palembang Sari-sari.

Masyarakat Melayu Palembang terdiri atas berbagai kaum kerabat. Berikut ini kaum kerabat dari masyarakat tersebut.
  • Kaum kerabat Ogan
  • Kaum kerabat Lubai
  • Kaum kerabat Rambang
  • Kaum kerabat Cambai
  • Kaum kerabat Pegagan
  • Kaum kerabat Lembak
  • Kaum kerabat Lintang
  • Kaum kerabat Kikim
  • Kaum kerabat Gumay
  • Kaum kerabat Pasemah
  • Kaum kerabat Enim
  • Kaum kerabat Semende
  • Kaum kerabat Kisam
  • Kaum kerabat Lematang

Mengenal Masyarakat Melayu Palembang

Secara garis besar, suku Palembang terdiri atas dua kelompok yang berbeda strata sosialnya. Pertama adalah kelompok Wong Jero, yaitu keturunan bangsawan atau hartawan yang statusnya setingkat lebih bawah dari orang-orang di istana kerajaan Palembang. Kedua adalah kelompok Wong Jabo atau rakyat biasa.

Pada awalnya, banyak pendapat yang mengatakan bahwa suku Palembang merupakan hasil peleburan dari beberapa suku seperti Arab, Cina, dan Melayu. Suku-suku ini sudah berabad-abad bermigrasi ke Palembang dan hidup berdampingan dengan warga lokal sekian lama. Bahkan, selama kurun waktu tersebut, terjadi perkawinan campur antara suku asli dengan suku pendatang tersebut.

Nah, dari ketiga suku bangsa (Arab, Cina, dan Melayu) inilah lahir sebuah etnik bernama suku Palembang yang mempunyai kebudayaan dan adat-istiadat tersendiri. Tapi, sebagian masyarakat Palembang tidak sependapat dengan hal tersebut. Mereka mengatakan bahwa jauh sebelum datangnya bangsa Arab, Cina, dan Melayu, suku Palembang telah berkembang di Palembang dan merupakan pernghuni pertama wilayah tersebut. Jadi, suku Palembang adalah suku asli dari Palembang dan sebuah komunitas adat tersendiri, bukan campuran beberapa suku bangsa.

Tak dapat dipungkiri bahwa perkawinan campur antara suku Palembang dan sejumlah suku bangsa pendatang memang pernah terjadi. Namun, suku-suku bangsa pendatang tersebutlah yang justru masuk ke dalam kebudayaan serta adat istiadat suku Palembang.


Keseharian Masyarakat Melayu Palembang

Dalam kesehariannya, suku Palembang berkomunikasi dalam bahasa Palembang. Bahasa ini dikategorikan sebagai bahasa Melayu atau lebih dikenal dengan sebutan bahasa Melayu Palembang. Bahasa ini terdiri atas dua dialek, yaitu baso Palembang alus dan baso Palembang sari-sari. Bahasa ini hampir mirip dengan bahasa-bahasa Melayu lainnya seperti bahasa Melayu Riau dan bahasa Melayu Malaysia. Hal yang membedakan bahasa ini dengan bahasa Melayu lainnya adalah penggunaan dialek “o”.

Sementara itu, sebagian besar masyarakat Melayu Palembang lebih suka tinggal di rumah yang beridiri di atas permukaan air. Rumah Limas yang berupa rumah panggung dan banyak dijumpai di pinggiran Sungai Musi adalah rumah adat Palembang yang paling terkenal.
Lalu, bagaimana dengan makanan khas suku Palembang? Masyarakat Melayu di Palembang terkenal ahli membuat makanan. Pempek, lenggang, dan tekwan adalah beberapa makanan khas buatan orang Palembang. Dari semua jenis kuliner asli Palembang, pempek adalah yang paling terkenal.

Ciri khas lainnya dari masyarakat Palembang yaitu mempunyai tradisi yang sudah dilakukan selama berabad-abad sebagai pedagang. Ya, banyak masyarakat Palembang yang berdagang di atas perahu di sepanjang aliran Sungai Musi. Selain itu, banyak juga orang Palembang yang sukses menduduki sektor penting di pemerintahan, menjadi artis, bekerja di sektor swasta, dan lain sebagainya.

Bahasa Masyarakat Melayu Palembang

Saat ini, Baso Palembang Alus (Babaso) sebagai salah satu kekayaan asli budaya Palembang dan sebagai jati diri Wong Kito (Melayu-Palembang) sudah hampir punah. Oleh sebab itulah, dibutuhkan berbagai upaya untuk melestarikan dan mendokumentasikannya, salah satu caranya adalah dengan mengadakan kursus atau membuat buku kamus bahasa Palembang.

Sebenarnya, Baso Palembang Alus hampir sama dengan bahasa Jawa sehingga sebagian masyarakat beranggapan bahwa bahasa Palembang itu berasal dari bahasa Jawa. Anggapan tersebut tidaklah benar sebab bahasa Palembang berasal dari bahasa Melayu Tua yang menyatu dengan bahasa Jawa dan pengucapannya disesuaikan berdasarkan dialek atau logat orang Palembang.

Seiring perkembangannya, bahasa ini dipengaruhi juga oleh bahasa Arab, Cina, Portugis, Belanda, Inggris, Urdu, dan Persia. Sementara itu, aksara bahasa Melayu orang Palembang memakai aksara Arab (Arab Melayu) atau tulisan Arab berbahasa Melayu (Arab pagon/gundul). 

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa bahasa Palembang itu terdiri atas dua jenis. Pertama, bahasa sehari-hari yang dipakai oleh hampir semua orang di Palembang atau biasa dikenal dengan bahasa pasaran. Kedua, bahasa halus yang dipakai oleh kalangan tertentu atau disebut bahasa resmi Kesultanan.

Jenis bahasa yang kedua ini biasanya digunakan oleh dan untuk orang-orang yang dihormati ataupun mereka yang berusia lebih tua. Misalnya, anak kepada orangtua, murid kepada guru, menantu kepada mertua, dan antarpenutur yang selevel dengan tujuan saling menghormati. Penggunaan bahasa yang bersifat sopan ini sesuai dengan arti dari bebaso, yaitu 'berbahasa sopan dan halus'.

Bahasa asli Palembang dapat dikatakan sebagai bahasa daerah yang mudah dipelajari dibandingkan bahasa-bahasa daerah lainnya. Untuk bahasa pasaran yang digunakan sehari-hari, hanya gayanya yang sedikit berbeda dengan bahasa Indonesia.

Dalam bahasa Palembang, sebagian besar huruf A di akhir sebuah kata dalam bahasa Indonesia diganti dengan huruf O. Misalnya, apa menjadi apo, nama menjadi namo, dan lain sebagainya. Mudah, bukan? Itulah sebabnya para pendatang yang tinggal di Kota Palembang akan dengan mudah mempelajari dan menggunakan bahasa Palembang sehari-hari untuk berkomunikasi.


Seni dan Budaya Masyarakat Melayu Palembang

Palembang dikenal sebagai kota multibudaya sebab banyak para pendatang yang memasuki wilayah ini dan tak terlepas dari sejarah tua Palembang itu sendiri. Kesenian-kesenian yang dimiliki oleh masyarakat Melayu asli Palembang adalah sebagai berikut.
  • Kesenian Dul Muluk, yaitu sebuah pentas drama tradisional khas dari Palembang.
  • Gending Sriwijaya, yaitu tarian yang dimainkan untuk menyambut para tamu.
  • Tari Tanggai, yaitu tarian yang dimainkan dalam sebuah acara resepsi pernikahan.
  • Syarofal Anam, yaitu kesenian Islami yang diperkenalkan oleh para saudagar Arab. Kesenian Islami ini menjadi populer di Kota Palembang karena diperkenalkan oleh KH. M. Akib, S. Abdullah bin Alwi Jamalullail, dan Ki Kemas H. Umar.
  • Lagu-lagu daerah seperti Ribang Kemambang, Dek Sangke, Melati Karangan, Dirut, dan Cuk Mak Ilang.
  • Rumah Limas dan Rumah Rakit, yaitu rumah adat khas Palembang.

Selain itu, masyarakat Palembang juga memiliki kain songket yang merupakan salah satu jenis tekstil terbaik di dunia. Ya, kain songket Palembang yang merupakan peninggalan dari Kerajaan Sriwijaya ini dikenal sebagai ratunya kain. Sampai saat ini, songket masih dibuat dengan cara ditenun manual dan memakai alat tenun tradisional.  

Selain songket, masyarakat Melayu di Palembang pun kini sedang mengembangkan jenis tekstil baru, yaitu batik Palembang. Batik asli dari Palembang ini berbeda dengan batikdari Jawa sebab terlihat lebih ceria dengan warna-warna terang dan masih tetap mempertahankan motif-motif tradisional.




Nah, itulah ulasan seputar masyarakat Melayu Palembang dan kebudayaannya.


Flag Counter