Bukit Jempol/Tunjuk atau Bukit Serelo

Bukit Jempol ini terletak di Kabupaten Lahat, Propinsi Sumatera Selatan, yang berjarak lebih kurang 276 km dari Ibu Kota Sumatera Selatan, Palembang. Sebelum memasuki Kota Lahat anda akan disambut terlebih dahulu dengan Bukit Jempol.









Disebut dengan Bukit Jempol karena bukit tersebut terlihat unik yaitu seperti ibu jari jempol, dimana pada bagian jempolnya tersebut terdiri dari batu cadas dan karang. Kalau anda mau mendaki bukit tersebut untuk bagian jempolnya menurut informasi yang pernah didapat harus menggunakan tali temali karena derajat kemiringan tebing tersebut hampir mendekati 90 derajat. Jadi mereka pada saat mendaki hanya sampai sebelum jempolnya, dan juga menurut informasinya pada bagian puncak jempol tersebut ada sebuah kursi yang terbuat dari batu cadas.

Sebagian masyarakat ada juga yang menyebutnya dengan Bukit Tunjuk atau Bukit Serelo, Dikarenakan ujung bukitnya seperti menunjuk ke langit dan Serelo merupakan nama tempat bukit tersebut berada.

Di Bukit Jempol ini juga terdapat pusat pelatihan Gajah, dimana terdapat lebih kurang 40 gajah yang sudah dijinakkan dan sangat terlatih dan bisa diajak pose bersama dengan pengunjung. 

Bagi yang berminat melihat atau mengunjungi Bukit Jempol tersebut, dapat ditempuh dari Palembang menuju Kabupaten Lahat dengan perjalanan darat lebih kurang 4-5 jam, persis sebelum memasuki Kota Lahat (kurang lebih 11 km sebelum Kota Lahat) di sebelah kiri jalan akan terlihat Bukit Jempol tersebut. 

Untuk menuju Bukit Jempol tersebut dari desa terdekat dapat dilalui dengan kendaran bermotor roda dua sampai kaki bukit dan dilanjutkan dengan berjalan kaki mendaki bukit tersebut dengan lamanya pendakian lebih kurang 3-6 jam.


Flag Counter